Saturday, November 10, 2012

10-11-12 Tanggal Cantik & Hari Pahlawan


 


Hari ini tanggalnya cantik banget (gak tau deh anaknya siapa,, wkwkkwk). Hari ini tanggal 10 bulan 11 tahun 2012 jadi kalau disusun secara singkat jadi 10-11-12. Oke, siapa yang nggak impressed coba sama tanggal ini. Well, aku berani bertaruh, pasti ada banyak pasangan yang memutuskan untuk menikah hari ini. Pas kan, tanggal 10-11-12 jatuh pada hari Sabtu, so nggak bakal ngeganggu hari kerja. Jadi cocok banget buat tanggal menikah. Selain pasangan yang memilih untuk menikah hari ini, pasti ada banyak jomblo yang sudah persiapan buat nembak gebetannya hari ini juga. Secara malam ini kan malam minggu, jadi bagi para jomblo yang suka dengan tanggal-tanggal unik, atau mungkin buat mereka yang susah nginget tanggal jadian, hari ini pas lho buat nembak (sukur-sukur diterima, hehehhee). Selain menjadi tanggal bersejarah buat yang lagi cinta-cintaan, tahukah Anda kalau tanggal cantik ini juga mengandung makna sejarah??? Ya, tanggal 10 November adalah HARI PAHLAWAN. Kenapa aku tulis huruf besar? Bukan caps lock nya error, tapi biar yang baca (khususnya orang Indonesia) inget aja kalau hari ini, tanggal 10-11-12 adalah peringatan Hari Pahlawan.

Berbicara mengenai hari pahlawan, emmm, ada yang bisa sebutin satu tokoh pahlawan di Indonesia??? Gimana? Masih inget kan dengan sosok-sosok mereka dan cerita sejarah yang menyertainya. Karena ini bukan textbook Sejarah, jadi aku nggak akan membahasnya disini. Anyway, menurut kalian, apa sih gunanya Hari Pahlawan?? Yap! Hari Pahlawan ditujukan untuk mengenang kembali dan menghormati memorabilia dan tindakan heroik mereka dalam melawan penjajah. Kenapa begitu? Karena pahlawan adalah orang-orang yang sudah berjasa besar bagi Negara kita Indonesia. Tanpa mereka, pasti sekarang kita masih dijajah sama Belanda dan juga Jepang. Atau mungkin malah dijajah sama bangsa-bangsa lainnya. Tanpa mereka kita nggak mungkin bisa santai-santai kayak sekarang. Masih inget kan semboyan "Negara yang besar adalah negara yang menghargai jasa-jasa pahlawannya." Nah, jadi begitulah kira-kira. 

Ngomong-ngomong soal pahlawan, sebenernya pahlawan itu nggak cuman yang berjuang pas negara kita dijajah dulu lho. Yang bisa disebut pahlawan itu adalah orang-orang yang telah berjasa memperjuangkan sesuatu demi keadilan dan kesejahteraan. Contohnya pahlawan lingkungan, pahlawan pendidikan, pahlawan kemiskinan, dll. Selain itu pahlawan juga bisa orang yang dekat dengan kita, yang mau membantu kita dan tentunya mereka yang tanpa minta balas jasa. Contohnya, orang tua kita, guru, sahabat, atau mungkin orang lain yang nggak kita kenal tapi pernah membantu kita ketika kita sedang kesusahan (ban bocor misalnya), menyelamatkan kita dari orang jahat, atau bahkan menyelamatkan kita dari maut. Nah, jadi momentum hari pahlawan ini sebaiknya disikapi dengan bijak. Maksudnya, inilah saat yang tepat dimana kita bisa memberi apresiasi pada pahlawan-pahlawan kehidupan dan juga pahlawan-pahlawan kemerdekaan!! Yang paling penting adalah bahwa kita bisa intropeksi diri kira-kira kita sudah menjadi pahlawan atau belum? kita akan menjadi pahlawan kehidupan atau tidak? semuanya ada di tangan kita masing-masing. Kita yang menentukan kita pula yang harus bertanggungjawab dan menjalaninya!!


SELAMAT HARI PAHLAWAN


PS: Jangan cuma bisa jadi pahlawan kesiangan ya! :p

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...