Monday, May 13, 2013

Short Trip to Salatiga

Hari Jum'at tanggal 10 Mei 2013 yang lalu aku diajak ibuk untuk ikut rombongan guru-guru TK satu yayasan ziarah rohani ke Salatiga. Destinasi utama kami adalah Gua Maria Pereng, Getasan, Salatiga, Jawa Tengah. FYI, Gua Maria Pereng adalah salah satu gua Maria baru di kawasan Keuskupan Agung Semarang. Gua Maria ini baru diresmikan sekitar 2 atau 1,5 tahun yang lalu, CMIIW (correct me if I'm wrong). Perjalanan dilakukan dengan bus pariwisata AC yang nyaman melalui jalan Magelang kemudian tembus ke Salatiga. Sesampainya di Magelang, di sekitar pertigaan (aduh lupa namanya), bus berbelok ke kanan dan mengambil jalur yang sedikit sempit. Katanya sih itu jalur alternatif yang cepat dan anti macet. Emang bener sih, soalnya sepanjang perjalanan yang bisa dilihat hanyalah pemandangan pedesaan lengkap dengan kebun sayuran dan pegunungan. 


Selain itu, bus juga melewati semacam jalan ditengah hutan pinus gitu lah *hutan pinusnya bagus banget*. Kurang tau ya itu di daerah mana. Sepertinya sih daerah sekitar Kopeng gitu. Sayangnya aku cuma bisa foto-foto dibalik jendela bus, itu aja banyakan ngeblur karena bus dalam posisi berjalan (meskipun nggak kenceng-kenceng amat sih). Setelah sekitar 2,5 jam perjalanan, kami sampai di Gua Maria Pereng, Salatiga.

Kesan pertama melihat tempatnya adalah beautiful. Ya, tempatnya memang indah karena di sekelilingnya banyak pepohonan dan ada taman kecilnya. Sebelum sampai ke lokasi utama yang ada gua dan patung Bunda Maria-nya, kami harus melewati jalan menurun dengan beberapa anak tangga. Tapi tenang, buat yang mau kesana nggak usah takut capek jalan. Soalnya jalan menurunnya nggak curam dan udah dipasangi con block. Kalau mau melakukan ziarah Jalan Salib dulu bisa melewati jalan sebelah atas. Anyway, berbeda dari gua Maria pada umumnya, patung Bunda Maria yang ada di Gua Maria Pereng tidak dicat berwarna. Jadi pure warna abu-abu. Sangat unik dan ikonik!


Di sekeliling gua memang adem karena banyak pepohonan begitu juga rute Jalan Salibnya, tapi sayangnya kalau di depan gua persis nggak rindang sama sekali. Soalnya beberapa pohon perindang yang ditanam di area depan gua (kalau nggak salah pohon ketepeng/ketapang) masih setinggi 1,5 meteran. Namanya juga masih baru ya. Eitsss, tapi jangan khawatir dulu. Disana sudah disediakan papan berdoa tepat di depan gua yang terlindung dari panas karena dipasangi semacam kanopi dan digelari tikar plastik. Kalau yang mau duduk memakai kursi plastik juga sudah tersedia. Selain itu, suasana pedesaan, perbukitan, dan kondisi alam yang masih alami di sekitar lokasi dijamin semakin bikin khusyuk deh.

Altar di Gua Maria Pereng

Setelah selesai ziarah Jalan Salib yang dilanjut dengan Doa Rosario bersama di depan patung Bunda Maria, kami serombongan harus segera pulang (jadi nggak sempet foto-foto di sekitaran lokasi, hikss). Nggak tahu sih ya, tapi kalau ikut rombongan bapak-bapak dan ibu-ibu biasanya selalu terkesan terburu-buru. Enakan emang bareng sama yang seumuran, lebih fleksibel aja. *ketahuan kalau nggak ada kerjaan, xixixi* Destinasi selanjutnya adalah ke Kopeng. Tapi sayangnya ditengah jalan malah hujan deras, jadilah kami batal kesana *hiksss*.

Mendung udah mulai bergelayut saat perjalanan meninggalkan Gua Maria Pereng 


Setelah beberapa kilometer perjalanan, hujan turun dengan derasnya

Ya sudahlah, berhubung udah nggak mood lagi, aku akhirnya milih untuk tidur aja di bus. LOL. Pas bangun, udah sampai kabupaten Magelang. Hahaha. Terus sempetin buat foto muka sendiri *jangan ketawa*.

FOTD *kelihatan banget kalau abis bangun tidur*


Bonus Pict:
Ibu Guru Cantik *gak tau namanya*, Buk Min, and My Wonderful Mom

~HAPPY MOTHER'S DAY~


xoxoxo

 

4 comments:

  1. AKU SEMINGGU YANG LALU LEWAT SANA MBAK :d

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salatiga asik ya, adem, sejuk dimata pula.
      Anyway, besok lagi kalau komen dikasih nama ya. Biar mudah mengenalinya. Hohoho.
      Makasih sudah mampir ke blogku :)

      Delete
  2. good idea. I do enjoy your written and on 5 Nov. I'll visit there. thank for yours.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Anonymous, whoever you are, thank you for stopping by :)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
PitaPata - Personal picturePitaPata Cat tickers
PitaPata - Personal picturePitaPata Cat tickers
Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net