Tuesday, April 23, 2013

To Blog or Not To Blog


Seperti kebanyakan para blogger professional atau newbie yang pernah diberondong dengan berbagai pertanyaan tentang alasan utama bermain kata dan sharing informasi di blog, aku juga demikian. Ada beberapa teman yang bertanya kenapa aku ngeblog (padahal isi blognya sama sekali nggak bermutu). Ada juga orang yang meremehkan hobiku ini. Sebenarnya sih nggak apa-apa toh kan yang namanya hobi nggak bisa dihalangi. Hobi itu merupakan aktualisasi diri dan ajang untuk mengasah kreatifitas. Daripada nggak berbuat sesuatu, mending kan berbuat atau paling tidak menghasilkan sesuatu. Itung-itung bisa jadi semacam kenangan tentang diri kita suatu saat nanti. Iya kan??

Sebenarnya nggak mau serius-serius sih ngebahasnya, tapi kadang gaya bahasaku sering terbawa-bawa sama gaya bahasa semi formal kalau pas buat artikel pesenan klien gitu. LOL. So, maklum ya. Anyway, soal pertanyaan-pertanyaan dan sedikit "kalimat meremehkan" dari beberapa orang. Aku menanggapinya dengan santai saja. Kenapa? Karena aku buat blog untuk menyalurkan hobi aku yaitu menulis. Sudah sejak SD aku suka menulis. Awalnya aku suka menulis cerita fiksi berbentuk cerpen. Aku suka menulis karena aku suka membaca apalagi bacaan terjemahan, karena menurutku bahasanya lucu dan khas. Sudah ada banyak tulisan yang aku buat, tapi berhubung jaman dulu aku belum punya komputer buat nyimpen data jadi aku simpen di buku-buku gitu. Aku inget banget sewaktu SMP-SMA aku pernah nulis semacam novel gitu di buku tulis warna pink, sayangnya pas aku cari udah nggak ada. Padahal penulisan novel (anggap aja novel ya) sampai beberapa tahun, sejak kelas 2 SMP sampai kelas 1 SMA. Tapi hilang begitu saja. Aku juga pernah nulis cerita semi novel yang aku ketik dengan mesin ketik manual sewaktu aku kelas 1 SMA. FYI, aku punya komputer setelah aku kelas 2 SMA semester 2. Naskah yang aku jilid itu (soalnya lebih dari 30 lembar) juga entah dimana. Aku memang agak ceroboh soal simpan menyimpan barang. Kalau sudah hilang baru ribut deh. 

Oke, back to the topic. Selain suka menulis aku juga suka sharing, apapun itu. Terkadang sih jadinya malah narsis. LOL. Maksudnya sharing bukan karena aku pengen pamer, NO. Karena nggak ada juga yang bisa dipamerin, LOL. Aku suka sharing karena aku ingin memberi sedikit informasi (semoga sih berguna) dan inspirasi khususnya soal fashion yang murah tapi berkualitas. Kalau sharing atau update di blog, aku menjadi pribadi yang lebih apa adanya dibandingkan dengan di sosmed yang dulunya aku pernah terkena virus pencitraan diri dan alter ego yang akut. Kok bisa begitu? Ya, karena kalau di blog kan aku nggak tahu siapa yang bakal baca jadi aku merasa lebih bebas untuk jadi diri sendiri. Kalau di sosmed, aku kadang merasa perlu membuat pencitraan gitu lah. Tapi sejak dua tahun lalu, aku insyaf melakukan pencitraan diri di sosmed soalnya NGGAK BERGUNA banget!!

Selain untuk menyalurkan hobi menulis dan ingin berbagi informasi, aku juga ngeblog kadang karena pengen curhat. Bukan kenapa-kenapa sih, tapi kan kadang kalau pas aku lagi terpisah jarak dengan sahabat dan terlahang kesibukan masing-masing tapi udah ngebet banget pengen curhat pasti rasanya nyesek kan. Nah, kalau punya blog kan minimal aku bisa numpang curhat juga (soalnya blogku masih personal blog bukan blog komersial gitu lah). Apa nggak takut ketahuan orang banyak? Enggak! Tergantung kreatifitas juga sih. Kalau aku biasanya nggak secara langsung nyebut nama atau apapun tapi yang penting maksud dan inti curhat telah tersampaikan aja. Kalau nyebut nama apalagi pas lagi sebel sama orang kan ntar bisa dikira melakukan "pencemaran nama baik" LOL.


Kalau soal orang-orang yang meremehkan blog, tulisanku, dan tentunya aku. Aku sih cuek aja ya, meskipun awal-awalnya aku merasa sakit hati dan down juga. Tapi setelah baca beberapa blog lain ternyata owner blog-blog tersebut juga  pernah mengalami hal yang sama, aku jadi semangat lagi buat blogging. Memang sih, selera orang berbeda-beda dalam menilai karya orang lain. Jadi ya, terserah mereka saja mau bilang apa. Toh aku juga nggak merugikan mereka dari sisi apapun kok. Ngomong-ngomong soal "kalimat meremehkan" yang dilontarkan oleh beberapa orang, ada suatu kejadian yang bener-bener bikin aku marah. *jiahhh, malah dibahas* Nah ceritanya orang itu baca beberapa postingan di blogku ini. Kemudian dia berkomentar di sosmed lebih tepatnya di akunku. Dia bilang kalau postingan di blogku ini nggak mutu apalagi cerita fiksinya. Seolah-olah orang itu adalah sastrawan besar dia bilang kalau isi cerpen yang aku tulis sama sekali bermutu rendahan dan tidak layak dipost apalagi dishare. Jujur saja, aku memang tidak mengharapkan pujian tapi paling tidak kan HARGAI KARYAku dong! Tapi sekarang sudah nggak marah kok, aku mau belajar mengampuni dan menghargai. #Okesip

Segitu aja yah sharingnya, semoga bermanfaat dan memberi inspirasi buat kalian yang mau ngeblog juga. Intinya, your blog is your own rules. Ignore them who make you down. Ganbatte!! Semangat ngeblog!!




~Hug & Kiss~
xoxoxo



7 comments:

  1. well, there is no need to pretend, simply do what you can...
    #quote paporit saya buat belajar ngeblog (lagi)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap Yap Yap, bener banget brother. Ayo ngeblog!! Siapa tau nanti bisa gabung adsense terus dapet dollar :D :D ,, share link blog kamu dong cuy :)

      Delete
    2. hahahahaha, pantes ijo ni tema ( ^_^)....

      http://littlepursuitofhappiness.blogspot.com/

      mo banyakin isi biar bisa up tu ke first google link, lumayan adsensenya :D

      Delete
  2. hhaha, iya, tapi aku belum ada akun adsense. Belum kepengen buat juga soalnya masih berkutat di personal blog. Pengennya sih buat lagi yang isinya nggak random dan bisa buat komersil :p aku follow ya brother :D

    ReplyDelete
  3. makkk, kagak ada tempat buat follow khusus bloggernya :| aku nggak ada Google+ :p

    ReplyDelete
  4. sama si, pengen personal writing jg. niatnya si pake blogdomain sebelah (WP), cuma koneksi modem saya tidak memungkinkan...

    masukin ke daftar bacaan keknya bisa tu... :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
PitaPata - Personal picturePitaPata Cat tickers
PitaPata - Personal picturePitaPata Cat tickers
Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net