Sunday, April 14, 2013

My Dream: Indoor Urban Garden


Ceritanya abis blogwalking terus lihat beberapa blogger di luar negeri pada punya peliharaan berupa tanaman di dalem rumah, terus aku jadi pengen!! Huhuhu. Karena penasaran dengan peliharaan berupa tanaman itu akupun googling dan menemukan istilah "Indoor Urban Garden". Indoor urban garden adalah istilah yang diberikan untuk kebun kontemporer yang dibuat di dalam rumah. Maksudnya bukan kebun beneran kayak di halaman rumah itu, tapi kebun disini berarti kumpulan tanaman. Jadi urban garden menggunakan media tanah atau bebatuan yang ditaruh di dalam pot-pot berukuran kecil sampai sedang. Kalau di Indonesia bisa disebut juga dengan hidroponik *itu lho yang nanem pake batu/pecahan batu bata*.


Aku lihat di blog beberapa blogger tersebut mereka menanam macam-macam lho, mulai dari kaktus, bunga, sampai tanaman sayur seperti cabai, kacang buncis, dan sayuran. Iya, mereka nanem tanaman-tanaman itu menggunakan pot atau botol plastik atau toples yang diisi dengan tanah. Kebanyakan mereka yang punya urban garden tinggal di apartemen atau kompleks rumah yang sempit dan tidak ada lahan untuk berkebun. Mereka memanfaatkan jendela dan ruangan terang lainnya untuk meletakkan tanaman peliharaan mereka. Sedangkan kalau malam hari atau pas matahari sudah terbenam, tanaman-tanaman tersebut sebagian dipindahkan ke meja kerja, dapur, atau tempat-tempat lain sebagai hiasan lho. Wahh, praktis sekali ya.


Yang aku suka dari urban garden adalah rasa segar dan adem yang dihasilkan dari tanaman-tanaman tersebut. Rasanya menyenangkan sekali kalau melihat ada tanaman banyak di dalam ruangan. Jadi bisa bikin nambah semangat dan tentunya bisa jadi moodbooster ya. Eh, kata beberapa orang, indoor urban garden ini bisa menjadi terapi untuk stress lho khususnya buat orang-orang yang tinggal di perkotaan yang sangat sibuk dan kurang penyegaran pada mata dan pikiran. Wow!!

Rencananya sih kalau ada uang dan ada waktu aku pengen buat indoor urban garden juga di dekat jendela kamar buat nambah dekorasi dan seger-seger di kamar. Yuk, kamu juga buat yuk!!




~Hug & Kiss~
xoxoxo




No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
PitaPata - Personal picturePitaPata Cat tickers
PitaPata - Personal picturePitaPata Cat tickers
Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net