Tuesday, April 16, 2013

First Day at Work: The Tips

Hey Ho!!!
Welcome back *talk to my self* LOL.
Blogger, gimana nih yang kemarin baru aja wisuda atau baru aja lulus kuliah, udah dapet kerja atau belum? Buat yang sudah dapet kerja, congratulations ya. Buat yang belum, tetep semangat, hap hap hap!! Ngomong-ngomong soal kerja, pasti kalau mau kerja musti melewati beberapa tahapan seleksi ya. Yang udah lolos seleksi pasti juga akan dan harus melewati yang namanya ujian hari pertama kerja. Well, meskipun nggak seserem UN yang tertunda, #eh, tapi yang namanya menghadapi ujian first day at work itu kami-kamu juga harus punya persiapan yang matang lho. Iya, bisa-bisa kalau kamu nggak lolos ujian *nggak resmi* ini, kamu terus nggak punya temen di kantor/tempat kerja, atau kamu bakalan disirikin sama banyak orang terutama senior. Ihhhh, pasti pada nggak mau kan??

Anyway, bekerja di tempat yang sama sekali baru itu merupakan suatu bentuk adaptasi dan pernyataan eksistensi diri lho. Jadi disana *secara nggak langsung* kamu bakalan diuji secara mental, fisik, dan tentunya secara kepribadian. So, apa aja sih persiapan dan tips untuk menghadapi ujian hari pertama kerja?? Yuk baca yuk!!


1. Show Your Signature
Tips yang pertama adalah "show your signature". Eittss, ini maksudnya bukan menunjukkan tanda tangan kamu lho. No no no no! Signature disini maksudnya adalah identitas kamu. Identitas itu adalah pangkal dari kepribadian dan rasa percaya diri. Nah, signature ini penting banget agar orang-orang disekitar kamu at least tahu sebagian dari karakter kamu yang cukup menonjol. Dengan kata lain kamu nunjukin "ini aku lho, gaya dan attitude-ku begini" di depan senior atau rekan kerjamu. Signature bisa ditampilin dengan attitude (paling penting nih!!), gaya berpakaian, gaya makeup, gaya rambut, dan barang-barang yang kamu bawa ke kantor. Ya, signature itu hampir mirip dengan pencitraan tapi bukan pencitraan yang dibuat-buat, melainkan pencitraan diri kamu apa adanya. Yang paling penting, fungsi dari showing your self-signature adalah sebagai bentuk FIRST IMPRESSION. First impression itu penting banget lho bagi kelangsungan hidup kamu di kantor :)


2. Perfect and Appropriate Dressing
Tips yang kedua adalah "perfect and appropriate dressing". The way you dress means a lot. Ya, apa yang kamu pakai pada hari pertama kerja adalah sesuatu yang sangat penting. Masih ada hubungannya dengan FIRST IMPRESSION. Jadi paling tidak persiapkan baju kerja terbaik kamu *yang jelas sesuai dengan bidang kerja kamu ya*. Kalau yang kerjanya musti pakai seragam ya jangan lupa disetrika dan dikasih pewangi. Tunjukkan bahwa kamu orang yang rapi dan tertib soal berpakaian. Selain itu, jangan sampai salah kostum. A BIG NO for saltum. Caranya biar nggak salah kostum adalah kenali dulu lokasi dan bidang kerja yang kamu ambil. Jangan sampai kamu menjadi seperti Andrea Sachs di film "The Devil Wears Prada" ya. Kalau hal itu sampai terjadi, kamu bakalan menanggung malu seumur kontrak kerja kamu. Beneran!! Nah, sedangkan jika kamu berangkat kerja dengan baju yang bagus, rapi, dan wangi, boss dan rekan kerja yang lain pasti akan senang dan wibawa kamu juga naik 80% di mata mereka. O ya, first day at work itu bukan lokasi catwalk ataupun tempat pamer busana ya, jadi nggak usah berlebihan kayak si mbak cetar membahana itu. Ntar disangkanya malah kamu salah masuk ruangan lagi. Ow, no no no!


3. Watch Your Steps
Tips ketiga adalah "watch your steps". Ada dua arti dari kalimat tersebut. Arti yang sebenarnya adalah perhatikan langkahmu dan arti yang tidak sebenarnya adalah perhatikan langkahmu *Loh??* Hehehe, kidding. Watch your steps disini yang pertama adalah mengenai cara kamu berjalan, yang harusnya berbunyi "watch the way you step on" *abaikan*. Anyway, cara kamu berjalan itu penting lho. Coba deh bayangkan kalau kamu ke kantor pas hari pertama kerja terus jalannya sempoyongan kayak orang habis nginep di bar sambil berendam di kolam buaya *halah*. Pasti first impression buat kamu adalah NOL. Jadi, bergayalah seanggun mungkin ketika berjalan dan jangan lupa melihat ke depan, busungkan sedikit dada kamu, dan angkat sedikit dagumu. Well, kamu bakalan kelihatan kayak Sofia Vergara lho :p

Watch your steps yang kedua berarti bahwa kamu harus berhati-hati dalam mengambil langkah. Yang dimaksud disini adalah cara kamu menambah teman di lingkaranmu dari dunia kerjamu. Kan banyak tuh orang-orang di kantor atau tempat kerja kamu yang baru yang sama sekali belum kamu kenal, kecuali yang ganteng dan yang ganteng banget #ups. Jadi kamu harus at least berhati-hati dalam mencari teman baru di kantor.


4. Keep Smiling
Tips keempat adalah "keep smiling". Meskipun aslinya kamu jutek atau apalah, yang terpenting adalah teruslah menebar senyum di kantor. Kalau ketemu dengan rekan kerja, senior atau OB sekalipun tersenyumlah. Senyum itu bisa mendamaikan hati lho. Siapa tahu kalau kamu sering senyum, kamu disangka nggak waras, kamu bisa dapat gebetan baru atau kamu bisa dapat banyak temen di kantor. Nggak mau kan kalau pas hari pertama kerja ada yang bergunjing, "Eh, si anak baru itu nggak bisa senyum lho, mukanya asem banget kayak rendeman jemuran." No NO No NO!! Bersikaplah wajar dan tersenyumlah dengan tulus, mereka pasti akan menyukai kamu.


5. Do Your First Day Job Happily
Tips kelima "do your first job happily". Hari pertama kerja bukan berarti kamu bisa leha-leha alias bersantai ria. Di hari pertama kerja kamu juga bakalan langsung dikasih kerjaan, ya iyalah masa langsung dikasih duit. Kerjaan kamu ya tergantung dengan bidang kamu sendiri. Kalau jadi guru ya langsung ngajar, kalau jadi sekretaris ya langsung bantu-bantu entri data, kalau jadi pengangguran ya bangun tidur langsung makan terus tidur lagi, #eh! Nah, pada intinya disitu kamu bakalan dites *secara tak kasat mata* bagaimana kinerja kamu apakah sesuai dengan pidato kamu yang panjang lebar dan menggebu-gebu saat wawancara kerja. Yang paling penting adalah menjalankan tugas-tugas dan menyelesaikan kerjaan kamu di hari pertama kerja dengan baik dan tentunya dengan perasaan senang. Jangan menggerutu!! No no no!! Nggak boleh ya baru hari pertama kerja udah menggerutu apalagi sampai menyumpah-nyumpah, ingat kamu bukan lawyer yang suka nyumpah itu!! Jadi bersikaplah dewasa dan bekerjalah dengan hati gembira!!


Tips diatas adalah garis besar dari tips to face the first day at work successfully. Aku mengumpulkan tips tersebut dari pengalamanku dan dari sebuah mata kuliah di program studi yang aku ambil. Semoga bermanfaat ya!!


Eh iya, nih kalian dapet salam lho dari mas Ryan Gossling :)



~Good Luck~
xoxoxo



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
PitaPata - Personal picturePitaPata Cat tickers
PitaPata - Personal picturePitaPata Cat tickers
Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net