Monday, April 29, 2013

You Almost Killed Me, Kids

Hari ini adalah hari Senin yang adalah jadwalnya buat ngajar ekskul English Conversation Class (ECC) di SMP dimana aku bekerja. Aku memang cuma apply sebagai guru ekskul karena belum niat buat jadi guru b.Inggris beneran. LOL. Tadi pagi aku dapat SMS dari guru yang bertanggung jawab untuk mengajar ekskul ECC (jadi ceritanya kami berdua adalah partner kerja) kalau beliau tidak bisa mengajar ECC hari ini karena sedang ada urusan di Dinas Pendidikan Kabupaten. Challenge accepted! Aku pun menyanggupi untuk mengajar 40 siswa kelas 7A (yang biasanya kami bagi menjadi 2 kelas) dari jam 13.30-15.00 (1,5 jam). Karena belum membuat materi untuk mengajar, akhirnya terpaksa bangun pagi-pagi banget. Kemudian aku mencari ide materi untuk mengajar yang kira-kira bisa dipakai untuk 1,5 jam dan bisa bikin anak-anaknya diam dan konsentrasi. FYI, ekskul itu tantangannya adalah siswa yang tidak mau konsentrasi dan siswa yang ribut sendiri (lebih tak terkendali daripada kelas pagi/kelas biasa).

Akhirnya aku memilih untuk mengajarkan vocabulary + conversation mengenai pakaian (clothes). Pada awal kelas setelah presensi, aku bagi mereka menjadi kelompok-kelompok berisi 4 orang. Nah, awal mula kejadian tidak mengenakkan disini. Ada dua kelompok yang tidak mau melepas 1 anggota mereka padahal kelompok mereka berisi 5 orang sedangkan ada 2 orang yang belum dapat kelompok. Kalau dua kelompok itu melepas masing-masing 1 anggota, nantinya akan pas. Akupun musti turun tangan membagi kelompok mereka meskipun sampai hampir 10 menit. Soalnya kalau ada kelompok yang berisi lebih dari 4 orang, ada beberapa kelompok yang tidak setuju dan memilih untuk tidak mau mengerjakan tugas. Arrrghhh!!

Setelah semua terbagi rata, aku pun membagi handout pre-activities-nya. Handoutnya berisi tabel 4 kolom. Kolom pertama adalah nomor, kolom kedua jenis clothes, kolom ketiga (kosong) meaning, kolom terakhir (kosong) gambar. Jadi aku minta mereka untuk menggambar. Pada saat itu sih mereka diam dan mau mengerjakan dengan tertib. Tapi setelah beberapa kelompok selesai, sebagian dari mereka mulai berjalan-jalan keliling kelas, mengganggu teman yang lain, berteriak-teriak, lempar-lemparan kertas, dll.

Aku sempat memberi semacam negative reinforcement buat mereka. Aku bilang aja kalau yang rame atau nggak bisa duduk dengan tertib aku bakal coret presensinya dan aku ganti dengan "Alpha". Cukup efektif sih, tapi cuma sekitar 10 menitan doang. Hosshh!! Sebenarnya sudah hampir mau meledak, cuma aku nggak mungkin dong ya marah-marah nggak jelas gitu. Akhirnya aku ajak mereka main game menggambar clothes dan tebak-tebakan gambar. Setelah itu, FYI suaraku udah mulai hilang-hilang tuh, masih ada waktu sekitar 30 menit. Aku minta mereka untuk membuat conversation tentang "clothes" in pair setelah sebelumnya aku berikan beberapa contoh dialognya. Mereka mau mengerjakan dengan baik. Jadi aku memberi mereka positive reinforcement dengan menjanjikan pulang lebih awal. Mereka senang, tapi tetap saja setelah beberapa menit mereka kembali berulah. Karena sudah capek dan suara sudah hilang total, aku cuma diam saja sambil beberapa kali memberikan instruksi secara non verbal untuk diam.

Akhirnya jam menunjukkan pukul 14.50, usai sudah waktu untuk mengajar. Usai sudah hari yang berat ini. Ahhh, kids, you almost killed me! Rasanya capek banget deh. Tapi jam 16.00 aku masih harus kerja lagi. Kerja jadi online writer boooo! Hmmm, such a tough day! Untungnya saja tadi kerjaannya nggak terlalu banyak dan nggak susah. :)


How was your Monday, blogger?


~Hug & Kiss~
xoxoxo


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
PitaPata - Personal picturePitaPata Cat tickers
PitaPata - Personal picturePitaPata Cat tickers
Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net