Tuesday, December 11, 2012

Tips Membeli Baju Second Hand di Online Shop


Hey blogger, reader, dan sista-sista semua :)

Aku mau share nih beberapa tips membeli baju second hand di online shop. Aku mendapat ide untuk ngepost tentang ini karena tadi sempet buka album punya online shop yang isinya baju-baju second. Aku juga pernah sih 2 kali beli baju second hand di sebuah online shop karena modelnya unik dan harganya lumayan terjangkau. Tapi dari 2 kali beli tersebut aku ada 2 baju (total aku beli 6 baju dalam 2 periode) yang bikin aku kecewa banget. Baju pertama ternyata bagian ketiak ada beberapa bagian kain yang berserabut (seperti tergesek-gesek gitu). Baju yang kedua ternyata manik-manik di bordirannya sudah pada lepas serta ada beberapa jahitan di bordiran yang lepas (tapi ownernya nggak bilang saat aku tanya cacatnya apa). Ya, buat pelajaran ajalah, toh harganya juga nggak mahal-mahal amat.

Hahaha, introduction nya kepanjangan! So sorry, that's my bad. Oke, langsung aja ya sista, berikut ini beberapa tips yang bisa sista jadikan jurus ampuh untuk mendapatkan baju secondhand yang unik, terjangkau, namun tetap berkualitas.

1. Add online shop yang credible dan reputable. Artinya pilih online shop yang menjual baju second yang benar-benar konsisten dengan kualitas barang dagangannya. Indikasinya, semakin banyak produk yang sold out dan semakin banyak testimoni pelanggan semakin baik. Jangan add online shop abal-abal atau online shop yang nggak niat jualan. Lebih bagus lagi kalau sista memilih online shop yang khusus menjual produk/item second hand tertentu. Misalnya online shop khusus baju impor atau online shop khusus baju-baju vintage karena bisa ketahuan kualitasnya.

2. Pantau terus update terbaru mengenai baju-baju second yang mereka jual. Hal ini sangat penting sista. Soalnya, kalau fresh items biasanya masih banyak pilihan jenis dan modelnya. Jadi sista bisa milih mana yang sekiranya modelnya unik dan kualitasnya bagus. Cara mudah agar bisa terus update adalah mengikuti group BBM online shop tersebut (jika ada). Atau sista bisa kirim wall ke owner minta untuk di tag foto-foto bila suatu saat owner akan mengupdate koleksinya.

3. Hati-hati dengan harga. Seperti yang sista ketahui, yang namanya online shop itu cuma modal foto dan deskripsi singkat saja. Jadi yang namanya "harga menentukan kualitas" itu tidak sepenuhnya berlaku di dunia online shop sista. Jadi sista harus benar-benar mengecek kualitasnya apakah sesuai dengan harganya. Caranya, sista bisa bertanya kepada ownernya mengenai bahan, ukuran, dan apakah ada cacat atau tidak. Owner yang baik akan melayani pertanyaan pembeli kok sista, jadi jangan ragu untuk menggunakan hak sista.

4. Jika harga terlampau mahal, cari tahu apa alasan ownernya. Seperti tips nomor 3, sista bisa bertanya pada ownernya. Misalnya begini, "Sis, kok harganya agak lumayan ya? Emang bahannya apa sih? Tebel nggak?" atau "Sis, ini harganya lumayan ya, impor ya Sis?" Pertanyaan seperti ini aku rasa nggak akan mengganggu ownernya kok. Tapi tetap ya sista, ikuti aturan main ownernya. Misalnya pertanyaan hanya dilayani dalam bentuk SMS atau PM, maka sista juga harus mengikuti aturan tersebut. Selain itu, sista juga benar-benar punya interest yang tinggi terhadap item tersebut. Jangan karena iseng-iseng aja (karena ini bukan kuis iseng-iseng berhadiah, hehe).

5. Jangan paksakan diri untuk membeli jika ukurannya tidak pas atau warnanya tidak sesuai dengan harapan (sudah luntur misalnya). Memaksakan diri untuk membeli sebuah atau beberapa buah baju second hand di online shop hanya karena modelnya yang unik dan sedang happening tanpa memperhatikan ukuran dan kondisinya sangat berbahaya sista. Kenapa? Karena sista hanya akan membuang uang saja. Sista harus benar-benar tahu ukuran dan kondisi warna atau bahan dari baju tersebut. Seringkali jenis kamera, faktor pencahayaan, dan editan sangat mempengaruhi gambar. Padahal gambar itulah yang menjadi tolok ukur sista untuk membeli barang. Jadi sekali lagi, gunakan hak bertanya sista jika memang diperlukan.

6. Jika tidak sangat terpaksa, avoid clearance sale item. Berbeda dengan clearance sale item yang seringkali ada di mall atau outlet-outlet, clearance sale item di toko second hand patut kita waspadai. Ini karena biasanya kualitas barang yang masuk ke clearance sale lebih rendah dibanding dengan barang-barang yang lain. Biasanya sih, barang tersebut nggak laku-laku. Tapi kalau sista memang suka dengan barangnya dan juga karena harganya sangat murah, boleh lah sekali-kali diborong sista.

Nah, gitu aja sista tipsnya. Aku tidak bermaksud untuk memberikan judgement atau apalah. Ini hanya sebatas sharing saja. Semoga berguna ya sista :)


Good Luck
xoxoxo

2 comments:

  1. liatin webnya jg donk

    ReplyDelete
  2. @Anonymous kalau web buat beli pakaian second branded dan import itu disini http://www.kenapaharusbaru.com/ atau Fbnya https://www.facebook.com/kenapa.baru itu aja yang aku tahu murah dan bagus-bagus barangya :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
PitaPata - Personal picturePitaPata Cat tickers
PitaPata - Personal picturePitaPata Cat tickers
Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net