Thursday, December 6, 2012

One Day at Gunung Kidul

Request dari Vava soal pantai-pantai romantis di Jogja mengingatkanku pada sebuah trip yang aku lakukan bersama teman-teman kuliahku. Ceritanya liburan 1,5 tahun lalu aku mengunjungi daerah Gunung Kidul. Sebuah kabupaten di ujung selatan Daerah Istimewa Yogyakarta. Di sana aku punya teman yang tinggal di kawasan Wonosari, dekat dengan alun-alun kotanya. Namanya Rikha. Karena Gunung Kidul terkenal dengan wisata pantainya, makanya aku dan temen-temenku (Lia, Widi, and Ryo) yang berangkat dari Jogja memilih untuk mengunjungi beberapa pantai.

Kunjungan pertama kita ke pantai Sundak.
Pantai Sundak adalah pantai pasir putih yang sangat cantik. Antara daratan dan lautan di sekitaran pantai Sundak dibatasi oleh karang-karang kecil yang menjadi tempat hidup hewan-hewan laut seperti ikan, bintang laut mengular, dan beberapa jenis alga. Selain itu, disisi samping ada semacam laguna kecil yang bisa digunakan untuk berendam dan bermain air tanpa takut tergulung ombak.






Pantai kedua yang kami kunjungi adalah pantai Sadranan
Pantai Sadranan adalah salah satu pantai berpasir putih dengan hiasan beberapa kapal nelayan disana. Pemandangannya sih hampir sama dengan pantai Sundak. Bedanya kalau pantai Sadranan lebih banyak karang-karang besarnya di sisi-sisi pantai. Namun, sayangnya cuaca sedang gerimis gitu. Jadi kurang bisa mengeksplore setiap sisi pantai.





Destinasi terakhir kita adalah pantai Baron.
Everyone must know about this beach. Ya, pantai Baron adalah pantai yang terkenal sejak dahulu kala dan termasuk dalam trio BKK (Baron-Kukup-Krakal). Sebelum pesisir-pesisir di Gunung Kidul dibuka sebagai objek wisata pantai, pantai Baron sudah eksis lho. Rencananya kami kesana mau beli oleh-oleh dan makan. Tapi karena cuaca hujan, semua pedagang oleh-oleh tutup, kecuali beberapa warung. Hikssss.

FYI, pantai Baron adalah pantai berpasir hitam. Konon katanya sih satu-satunya pantai di Gunung Kidul yang berpasir hitam. Agak aneh memang, soalnya teman satu groupnya yaitu pantai Kukup dan Krakal berpasir putih.



I planned to enjoy Gunung Kidul once more with them before graduation. I hope this plan can go well. :)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
PitaPata - Personal picturePitaPata Cat tickers
PitaPata - Personal picturePitaPata Cat tickers
Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net