Wednesday, December 5, 2012

Say No to COPAS!

Copas atau Copy Paste sudah menjadi trend dan mendarah daging di kalangan masyarakat. Entah dengan alasan apa banyak penulis (biasanya yang amatir) maupun sekedar orang yang suka menulis melakukan copas. Jujur aku nggak suka yang namanya copas (bagaimanapun caranya). Makanya dengan sengaja konten blog milikku ini aku protect. Meskipun isinya nggak penting, tapi aku beneran nggak suka dengan yang namanya copas. Aslinya mengkopi ide atau isi blog atau situs seseorang itu boleh asal prosedurnya benar. Namanya citing ya, bukan copy paste. Kalau citing itu artinya mengutip. Kalau copas mah cuma block-klik kanan-copy-buka halaman baru-paste-udah. Itu namanya nggak kreatif dan cenderung bodoh. Pelaku copas banyak lho di internet dan biasanya tanpa menyertakan sumbernya. Kalau menyertakan sumber sih masih bisa diterima ya. Kemungkinan orang yang copas dengan sumbernya itu punya alasan kuat, misalnya dia nggak ngerti topiknya tapi pengen/diminta untuk menampilkan topik tersebut di dalam sebuah site. Nah, kalau yang cuman bisa copas artikel terus seenaknya sendiri mengganti nama penulis atau mengganti beberapa unsur di dalamnya itu namanya KRIMINAL!!

Aku punya pengalaman juga dengan yang namanya copas. Bukan artikelku di copy-paste sama orang. Tapi tentang kejadian tadi siang. Jadi tadi siang aku sempet update status begini, "Ada yang punya saran pantai-pantai romantis di Jogja? Mau buat mengisi blog karena ada reader yang request." Nggak lama ada yang komen. Isinya sungguh sedikit memalukan. Dia nulis, "Copas aja di (sebuah link). Gampang kan". Hellloooooo mas??? Aku bukan penulis blog kacangan yang suka copas ya!!! Aku tadi nulis status itu karena mau minta pendapat. Aku bisa saja copas, tapi aku nggak sepicik itu. Aku pengennya isi blogku itu original meskipun sedikit crappy dan nggak penting. 

Yang namanya prinsip memang harus tetap dijunjung tinggi. Prinsip itu seperti iman, kalau goyah dan lemah ya jadinya mudah diprovokasi. Semoga aku tetap memegang prinsipku!
Say No to COPAS!!!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
PitaPata - Personal picturePitaPata Cat tickers
PitaPata - Personal picturePitaPata Cat tickers
Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net