Saturday, June 29, 2013

Hobi = Pemborosan???

Q: Apa sih hobi itu menurut kamu? 
A: Kalau menurutku, hobi itu kegiatan-kegiatan spesifik yang membuat kita senang dan gembira dalam melakukannya dan akan terus berkelanjutan. 
Q: Hobi kamu apa?
A: Banyak. Secara garis besar aku hobi koleksi baju atau akesoris yang unik, hobi belanja, hobi koleksi kuteks, hobi mainan yang unyu-unyu dan cantik, hobi koleksi segala sesuatu yang warna-warni, hobi mendengarkan musik, hobi menyanyi, hobi menari, hobi menonton film, hobi menulis, hobi jalan-jalan, hobi motret, dan hobi membaca, dan macem-macem lagi. Haha.
Q: Berapa duit kamu keluarkan buat hobi kamu setiap bulannya?
A: Wah, nggak ngerti juga. Aku jarang itung-itungan gitu. Modal nekat sama ikhlas aja. Jadi nggak perlu dihitung-hitung gitu lah.
Q: Jadi kamu termasuk boros ya soal hobi?
A: Hmmm, bisa dibilang begitu. Eh tapi, aku nggak setuju dengan istilah boros di hobi.
Q: Kenapa?
A: Soalnya ya, hobi itu menurutku termasuk penyaluran bakat, energi, kreatifitas, yang menghasilkan timbal balik berupa peningkatan mood, rasa bahagia, rasa percaya diri, dan rasa bangga serta menghilangkan stress dan meminimalisir kecenderungan depresi dan mudah lupa.
Q: O ya? 
A: Menurutku sejauh ini sih begitu. Ya daripada punya hobi suka nggunjingin orang kan mending punya hobi yang bisa meningkatkan rasa bahagia dan menghilangkan stress tanpa merugikan orang lain. Lebih setuju lagi, kalau dari hobi bisa jadi sumber penghasilan. Misalnya hobi menulis terus bisa sampai nulis novel atau buku. Kan, lumayan tuh royaltinya.

Jadi pada intinya, orang yang punya hobi dan sangat menyukai hobinya itu nggak bakal deh terus itung-itungan berapa uang yang dihabiskan, kapan balik modal, etc. Justru orang yang terlalu perhitungan, menurutku, menurutku lho ya, dia menjalani hobinya dengan setengah hati. Atau malah, bisa jadi cuman ikut-ikutan. Misalnya temennya punya hobi membuat aksesoris handmade, karena nggak mau kalah terus ikutan buat tapi sebenernya dia nggak punya bakat dan rasa cinta pada hobi tersebut. Ujung-ujungnya juga nggak akan bertahan lama dan malah sia-sia. Tapi, lain soal kalau hobinya SHOPPING. Hihihi. Musti itung-itungan juga, kalau enggak bisa-bisa numpuk hutang, kan malu -__-

So, kalau ada orang yang nggak suka atau sirik sama hobi yang kamu geluti, santai aja. Apalagi kalau sampai dinyinyirin soal uang yang dihabisin buat hobi kamu. Tenang, kamu seharusnya malah kasian lho sama orang itu. Kenapa? Karena pasti dia tidak punya hobi yang cukup menyenangkan untuk dijalani sehari-harinya. Kalau dia punya, dia pasti nggak akan nyinyirin hobi kamu. Teruslah berkarya dan berkreasi dengan hobi kamu, apapun itu. Who knows kalau suatu hari kamu bisa terkenal atau mendapatkan penghasilan sendiri dari hobi kamu itu. Cheers!!


~Hug & Kiss~
xoxoxo


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
PitaPata - Personal picturePitaPata Cat tickers
PitaPata - Personal picturePitaPata Cat tickers
Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net