Tuesday, June 11, 2013

Waspadai Ketidaksopanan di Dunia Maya


Berinteraksi di dunia maya dan di jejaring sosial memang menjadi candu yang baru bagi seluruh manusia modern di dunia. Jejaring sosial dan dunia maya bak sudah menjadi kebutuhan pokok yang mengalahkan sandang, pangan, dan papan. *besok buku IPS diganti deh materinya, kebutuhan primer itu Internet & jejaring sosial, LOL* Tapi layaknya hidup di dunia nyata, hidup di dunia maya juga ada peraturan tidak tertulisnya lho. Namanya Netiket. Udah pada tahu belum netiket itu apa? Netiket itu internet + etiket alias tatacara dalam menggunakan internet.

Jadi dalam menggunakan internet itu ada etiketnya secara tidak tertulis maupun tertulis (bdk: UU ITE). Seperti halnya kita hidup dengan tetangga dan orang-orang di sekitar kita, pastilah ada etiket tak tertulis yang disebut sopan santun. Well, ngomong-ngomong soal bersopan santun di Internet, pastilah ada banyak pengguna internet atau netizen khususnya jejaring sosial yang attitude-nya bisa dikatakan nol atau minus. Ya, aku sendiri juga sering ketemu dengan sesama pengguna internet yang semacam itu. Entah motif mereka apa, tapi terkadang ketidak sopanan mereka itu sangat mengganggu. Ada banyak kok jenis-jenis ketidak sopanan dalam berinternet khususnya di jejaring sosial. Berikut aku rangkumkan beberapa yang sering terjadi. Avoid doing these if you want your internet friends to love you!!

1. Mengumpat Orang di Jejaring Sosial
Well, mengumpat di jejaring sosial itu tidak salah sebenarnya, tapi sebaiknya dilakukan dengan kapasitas yang "tau diri". Just remember that social network is not your own. Many people use it too and they have their own rights to use it without getting annoyed. Semisal kamu ada masalah dengan orang lain, sebaiknya masalah tersebut diselesaikan diluar forum internet (jika memang bisa diupayakan). Mengumpat di internet itu sebenarnya tidak berguna tapi justru malah merugikan. Bayangkan saja kalau kamu mengumpat orang di jejaring sosial, semua orang yang "berteman" denganmu akan membaca. Lalu apa yang akan terjadi padamu, padanya, dan pada pengguna lain. Kamu akan rugi sendiri pastinya.

2. Menanyakan Informasi Privat dalam Forum
Ini benar-benar tidak sopan. Entah atas dasar pengen kenalan atau pengen cari gebetan, atau apalah. Tapi menanyakan hal-hal yang bersifat pribadi di jejaring sosial atau sebuah forum dunia maya itu tidak sopan. If you want to ask politely, you can ask her/him privately via private message. Ya, jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter sudah menyediakan fasilitas private message dan direct message. Kita bisa menggunakannya kalau-kalau kita ingin menanyakan sesuatu yang bersifat privat.

3. Mengupload Foto "Jelek"
Banyak kejadian yang tidak mengenakkan terjadi gara-gara foto yang terupload di dunia maya. Yang dimaksud foto "jelek" disini bukan berarti foto kita dalam keadaan jelek atau bagaimana. Tidak. Yang dimaksud adalah foto yang dapat menimbulkan ambiguitas dan dapat menimbulkan salah persepsi yang dapat menjatuhkan. Mungkin mengupload foto "jelek" tersebut memang lucu dan bisa jadi bahan lelucon seru. Tapi, pikirkan juga dong perasaan orang lain yang ada di foto tersebut. Bisa aja kan, gara-gara kita "salah" upload foto temen atau sahabat kita mendapat masalah. So, berhati-hati sebelum mengupload foto. Kalau perlu, tanyakan dulu pada yang bersangkutan apakah dia menyetujui kalau foto-foto tersebut diupload secara sepihak oleh kita.

4. Mengirim Chat pada Orang yang Belum Dikenal Terlalu Intense
Tindakan tidak sopan di jejaring sosial selanjutnya adalah mengirim chat pada orang yang belum dikenal terlalu intense. Well, entah karena iseng atau karena nggak ada kerjaan, banyak orang yang melakukan hal-hal ini. Setuju atau tidak setuju, tapi bagi sebagian orang khususnya para ladies, chat dari orang yang belum atau kurang dikenal sedikit mengganggu bila dilakukan terlalu sering. Apalagi kalau tujuannya tidak begitu jelas. Lebih-lebih seringkali bahasa yang digunakan terlalu "rude".

5. Tidak "Empan Papan"
Nah, ada lagi lho bentuk tindakan tidak sopan di jejaring sosial, yaitu tidak "empan papan". Maksudnya si pengguna jejaring sosial ini tidak bisa menempatkan diri. Misalnya ada teman yang sedang tertimpa musibah, dia dengan seenak jidatnya menjadikan peristiwa yang dialami temannya itu sebagai lelucon. No, that's not funny!!! Mind set orang jaman sekarang memang cenderung menjadikan "apapun" sebagai lelucon tanpa mempedulikan perasaan dan keadaan orang lain padahal itu sama sekali tidak sopan lho.

Hmm, ternyata cukup banyak ya masalah "ketidaksopanan" yang ada dan terjadi di dunia maya. Ada baiknya sih kita menjaga diri untuk nggak ikut-ikutan berbuat demikian. Hehehe. Bukannya sok bijak, tapi setidaknya jika kita sopan maka orang lain akan segan. Yuk lebih tingkatkan etiket berinternet. :)


~Hug & Kiss~
xoxoxo


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
PitaPata - Personal picturePitaPata Cat tickers
PitaPata - Personal picturePitaPata Cat tickers
Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net