Monday, October 1, 2012

Makanan Favorite dari Berbagai Negara (2)

Hey yo! Ketemu lagi sama dunia kuliner,, hehehe. Kali ini aku akan melanjutkan ulasan mengenai makanan favorit dari berbagai negara menurut versiku.

11. Tekwan (Palembang, Indonesia)
image was taken from here
Tekwan merupakan makanan yang aku suka sejak pertama kali nyobain. Rasanya asem-asem seger campur asin. Aku suka banget karena ada jamur tiramnya sama ada seafoodnya seperti udang dan cumi. Kata temenku yang asli dari Palembang, Tekwan itu ibaratnya pempek kuah yang gak digoreng. Tapi aku gak tahu pasti sih, cuman yang jelas, Tekwan itu sedeeeep banget kalo dimakan panas-panas di siang hari yang terik, dan ditemani dengan segelas es teh. Mantap!!

12. Macaroons (France)
image was taken from here
Macaroon itu bukan makaroni lho, hehe. Macaroon adalah nama kue kering imut-imut dan warna-warni. Tapi jangan bayangkan rasanya seperti kue Nastar atau Puteri Salju. Jelas beda. Macaroon rasanya sangat unik. Manis campur krenyes-krenyes. Kalo sekali makan kue yang satu ini, pasti langsung ketagihan. O ya, kata temenku yang jago masak, bikin Macaroon itu susah lho. Karena harus dipanggang pake kertas beras (tau deh itu kertas apa makanan,, hahaha), udah gitu, musti pas suhu dan adonannya.

13. Sate Lilit Ikan (Bali, Indonesia)
image was taken from here
Wohooo!! Sate adalah makanan favorit ku selanjutnya. Katanya sih sate itu aslinya dari Madura, Indonesia. Tapi, kalo mau nyobain sate dengan gaya dan rasa yang berbeda, cukup ke restoran Bali saja. Disana kamu bakal nemu sate lilit ikan. Jadi, daging ikannya itu digiling, dicampur bumbu kemudian dililit (ditempel) di batang bambu/tusuk sate berukuran agak besar. Kemudian dibakar. Rasanya, wow! mantep beudh deh!

14. Oseng-Oseng Mercon (Jogja, Indonesia)
image was taken from here
Sebagai orang Jogja asli, denger nama Oseng-Oseng Mercon itu asing ditelinga. Apaan sih? Nah setelah denger nama itu dari seorang temen aku pun iseng-iseng buka Google. Disitu aku nemu penjelasan dari si Oseng-oseng mercon itu. Dan ternyata itu nama makanan. Hohoho. Karena aku adalah penggila makanan pedas, maka akupun ditantang sama temenku untuk nyobain makan Oseng-oseng yang bikin perut meleduk. Hahaha. Malemnya, aku pun ke wilayah barat Malioboro buat nyobain makanan super pedas yang jadi ikon kota Jogja (selain Gudeg). Duarrr!! rasanya emang puedeeessss buangetttttt!!! Sampai ngeces-ngeces makannya wkwkwkwk. Tapi dijamin bikin ketagihan deh :)

15. Kimchi (Korea Selatan)
image was taken from here
Aku sih bukan penggemar Korea, tapi sekali lagi ya, rasa kan emang gak pernah bohong, hehehe. Aku emang lumayan mengidolakan Kimchi. Karena, rasanya unik. Mirip asinan tapi seger krenyes-krenyes gitu. Kalo mau tau rasanya itu kayak makan sayuran rebus yang dikasih bumbu cabai dan cuka. Jadi rasanya asem, pedes, campur seger. Cocok buat makan sama nasi :)

16. Shrimp Tempura (Japan)
image was taken from here
Shrimp Tempura itu beda lho sama tempura yang dijual di toko/minimarket frozen foods. Tempura yang aku maksud disini bisa dibilang semacam udang crispy. Yah, karena emang begitu bentuknya. Biasanya shrimp tempura ini gampang banget ditemukan di restoran bento (Japanese). Rasanya enak banget kalo dimakan pakai saus yang ada taburan wijennya itu. Ada juga yang dimakan pakai saus mayonese. Slurppp, kriuk kriuk. Enakkkkk!!


to be continued....

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
PitaPata - Personal picturePitaPata Cat tickers
PitaPata - Personal picturePitaPata Cat tickers
Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net