Monday, October 22, 2012

Bisnis Reseller Pakaian: Jenis Bisnis yang Patut untuk Dicoba

Hey Blogger semua!! Cheers!!!
Kali ini aku mau bahas mengenai bisnis reseller baju nih. Awalnya karena penasaran sama bisnis yang satu ini, kok kayaknya kerjanya mudah dan menguntungkan banget ya. Terus penjual atau sellernya cuman tinggal majangin foto-foto barang dagangannya di FB/Blog/Website tanpa musti sewa lapak atau kios. Salah satu temenku juga ada tuh yang jualan baju via online dengan jadi reseller baju import dari supplier di Surabaya.

Sebenarnya bisnis reseller baju itu ada 2 jenis. Yang pertama adalah reseller grosir dan yang kedua itu namanya drop-shipper. Yuk simak ulasannya berikut.

1. Reseller (Grosir)
Yang disebut dengan reseller grosir disini adalah menjadi penjual dari barang yang sudah dibeli dari supplier. Jadi penjual reseller tipe ini harus membeli dulu sejumlah baju (grosir) dari supplier. Lalu setelahnya, pedagang reseller bisa menjual baju-baju tersebut dengan harga yang diinginkan (terserah mau ambil untung berapa). Jadi intinya baju-baju yang dijual sudah ready stock. Tapi kalau nggak laku semua ya rugi ditanggung sendiri. Hehehe.

2. Drop-shipper
Ini juga jenis pedagang reseller, bedanya cuma kalau drop-shipper itu menjualkan barang orang lain dengan modal foto atau gambar katalog. Jadi pedagang tidak perlu membeli baju secara grosir terlebih dahulu. Hanya perlu mendownload katalog atau gambar-gambar pakaian yang dijual saja kemudian mengunggahnya di FB/Blog/Website tempat dia berjualan. Sistemnya lebih ke PO atau Pre Order. Jadi pembeli memesan dulu baju yang mau dibeli. Baru setelah beberapa hari/minggu baju akan dikirim ke pembeli (tergantung jangka waktu PO). Kalau begini pedagang reseller tipe drop-shipper tidak mudah merugi karena cuma menjualkan barang dari supplier. Harga per item pun bisa ditentukan oleh pedagang. Tapi ada beberapa supplier yang memberikan target per bulannya jadi mau tidak mau pedagang musti bekerja keras agar dagangannya laku.

Nah, gimana blogger? Kalian ada yang tertarik untuk jadi reseller atau drop-shipper? Yah itung-itung coba-coba membangun bisnis online gitu. :)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
PitaPata - Personal picturePitaPata Cat tickers
PitaPata - Personal picturePitaPata Cat tickers
Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net