Tuesday, August 28, 2012

Jadi Writer itu...

Well, sharing ini akan aku awali dengan kegalauanku di semester akhir (masa skripsi). Sumpah, hari-hariku rasanya galau tiada habisnya. Mau kesana males, mau kesini males. Akhirnya aku cuman nongkrong-nongkrong di rumah, main game, makan, sama ngabisin uang saku. Sebenernya dalam hati malu dan sebel juga sama diri sendiri. Suatu hari, datanglah sebuah pencerahan (ceileh!) dari wonderwomanku (baca: IBUK). Ibuk nawarin aku supaya join ke suatu tempet outsourcing untuk menampung para freelance writer, ghost writer, dan semacamnya. Awalnya sih aku pesimis, karena emang aku nggak begitu pandai menulis (tapi aku emang sering nulis buat diriku sendiri). Kata ibuk sih aku punya potensi untuk menulis. Ya, karena sejak SMP aku suka menulis fiksi, baik di buku tulis atau pun mengetiknya pakai mesin ketik (aku belum punya komputer, hiks!). Nah, balik ke cerita semula. Setelah ditawari ibuk dan dibujuk sedemikian rupa akupun iseng-iseng mengirimkan CV. Lalu pada sore harinya, owner dari lembaga itu mengirim SMS pemberitahuan mengenai jadwal tes online. Aku pun menyanggupi untuk ikut tes online pada hari Kamis awal bulan Juli (masa-masanya EURO tuh). Tes diadakan jam 8 pagi. Pada hari Kamis pagi jam 6 aku coba aktivin YM yang emang udah lama nggak pernah aku sentuh. Eh!! Demi apa, itu YM nggak mau on, malah ada tulisan "OUT OF DATE". Matilah sudah!! Akhrinya aku online pake media email saja (kan ada tuh di Yahoo), tapi sayangnya contact dari owner lembaga itu nggak bisa aku add. Jadilah dengan penuh rasa malu aku SMS si owner dan minta dia untuk nge-add contact aku. Untung saja dia orangnya baik banget, jadi lancarlah sudah online testku hari itu. Sepuluh menit setelah test selesai, si owner memberitahu kalau aku lolos dan bisa mulai kerja pada hari Jum'at. Seneng banget rasanya!!

***
Nah, dari situlah aku sampai sekarang (2 bulanan) jadi online writer. Kerjaanku dilakuin di rumah kok, caranya yah cuman ambil job setiap harinya (6 hari kerja) via email dan kerjain deh itu job seoptimal mungkin. Kalau ditanya soal suka duka jadi online writer itu banyak sih. Sukanya ya kalau bisa menulis dan menuangkan ide dengan baik trus kliennya senang. Selain itu, paling senengnya pas owner pagi-pagi jam 2.10 am (niat banget kan ya) SMS kalau salah satu klien memuji tulisanku karena berhasil masuk TOP 3 Pages of Google. Wah, rasanya seneng banget kayak dapat award apa gitu. Yah, dibalik itu, ada juga dukanya. Dukanya itu kan namanya juga pekerja outsourcing jadi walaupun kita menulis sebagus apapun hak cipta tulisan kita sudah dibeli oleh klien tanpa sedikitpun mencantumkan nama kita di artikel itu (hiks, sedihhh). Selain itu, nggak sukanya kalau kliennya minta yang aneh-aneh dan susah dicari sumber artikelnya yang dimaksud. But, over all, I enjoy my job. :)



 
image was taken from here

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
PitaPata - Personal picturePitaPata Cat tickers
PitaPata - Personal picturePitaPata Cat tickers
Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net