Tuesday, August 28, 2012

Customizing My Blog

Hmmmm,, sudah 4 harian aku nggak nulis di blog. Bukan karena bosan sih, melainkan karena lagi semangat-semangatnya mendesain blog sendiri. Inspirasi pengen mendesain blog muncul kemaren (27 Agustus 2012 setelah aku selesai kerja) ketika aku nggak sengaja nemu blog unik namanya *itKuPiLLi* (namanya aja unik banget). Dari blog itu aku nemu macem-macem background yang nyenengin banget. Kebetulan juga aku adalah penyuka vintage, fairy, sama sesuatu yang berbau-bau jaman prince sama princess gitulah. Cukup lama sih menemukan background yang cocok. Apalagi background yang tersedia di blog itu hanya compatible untuk template "Minima" yang aku cari-cari di blogger templateku tapi nggak ada. Akhirnya aku iseng-iseng asal comot and copy paste kode HTML (Javascript)nya. Eh! Ternyata bisa, tapi kok blog content nya jadi acak adut ya?? Jelas lah, kan nggak pake template yang dianjurin. Selain itu, widget2 dengan kode2 HTML yang aku copy paste ke dalam fiture template (Template>>Edit HTML) ilang semua. Rasanya pengen nangis tuh, abis susah kan mainan kode Javascript yang aku sama sekali nggak ngerti. Ya sudahlah nggak apa-apa besok kapan-kapan bisa diinstal lagi (menenangkan diri sendiri). Nah karena isi blog ku ini jadi acak adut nggak karuan sana sini, maka kuputuskan untuk mengganti template nya ke model "Watermark". Tapi bukannya makin baik malah makin rusak saja isi blognya (padahal waktu itu sudah jam 1 pagi, duh!). Dengan semangat yang menyala-nyala akhirnya aku putuskan untuk mengubah layoutnya. Finally, aku pilih layout dengan 2 kolom saja. Itu pun masih harus dipersempit ukurannya. Alhasil jadilah baik! Perlahan namun pasti blog ku ini semakin bisa diatur. 

Setelah selesai dengan template dan background aku mulai menyusun warna hurufnya. Lagi-lagi apes, karena nggak pake cara yang benar, huruf pun nggak bisa diganti (cuman bisa diganti warna). Hanya bagian Judul Blog saja yang bisa diganti, itupun jenis font yang tersedia hanya 4 jenis (yang sama sekali tidak menarik menurutku). Fiuh!! Ya sudahlah, mau bagaimana lagi, sudah sampai sejauh ini, masa mau nyerah. Jam pun menunjukkan pukul 2 pagi (padahal nanti aku kerja jam 8, alamak!!), aku masih sibuk mengganti ini itu. Iseng-iseng aku buka blog orang, kok ada aplikasi animasi lucu. Ternyata itu yang namanya blog buttons and blinkies. Aku nemu blog yang bagus sebagai rekomendasi kalau kamu-kamu juga pengen nambahin blog buttons. Coba visit aja thecutestblogontheblock.com atau shabbyblogs.com. Kalian pasti bakal nemu buttons yang unyu-unyu. Setelah puas meng-attach blog buttons and blinkies akupun mencari-cari apapun tentang aplikasi dan aksesoris blog di google. Nah, setelah sekian lama mencari (udah sekitar jam 3.10 pagi) aku menemukan blog yang menawarkan template "Minima" hanya dengan mengkopi kode HTML nya saja. Tapi maav, karena sudah terlalu lelah aku lupa copas nama dan alamatnya. Iseng-iseng aku copas itu kode dan aku masukkan ke dalam gadget Javascript/HTML. Pas aku buka blogku lagi, emang sih kayaknya nggak ada perubahan, ya perubahannya cuman tulisan di dalam blogku udah nggak terlalu acak-acakan lagi. Udah teratur meski jadinya kecil2 and bikin sakit mata. Ya mau gimana lagi, aku udah habis ide. Finally, I fell asleep at 3.45am. I should wake up at 7.30am. Gee!! I'm so sleepy today.

See also another blog of mine here

2 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
PitaPata - Personal picturePitaPata Cat tickers
PitaPata - Personal picturePitaPata Cat tickers
Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net