Saturday, August 25, 2012

Makanan Favorite dari Berbagai Negara (1)

Setiap orang pasti punya makanan favoritenya masing-masing.
Aku juga punya. Sebagai penggemar kuliner, aku punya beberapa makanan favorite dari berbagai negara bahkan benua yang tentunya ada di Indonesia. Entah itu rasanya sudah dimodifikasi entah belum, aku nggak begitu menggubris. Aku lebih fokus ke makanan dan namanya saja.

1. Spaghetti (Italia)

image was taken from here

Makanan asli dari Italia ini sungguh menyenangkan saat dimakan. Awalnya memang terasa asing di lidah karena semacam kurang bumbu atau apalah. Tapi lama-kelamaan enak juga. Aku suka buat spaghetti dengan campuran bumbu Indonesia (dan ternyata enak juga di lidah).

2. Lasagna (Italia)

image was taken from here

Makanan yang satu ini rasanya benar-benar mematikan. Aku suka banget. Campuran antara daging, keju, sayuran, dan rempah khas Italia nya aku suka. Tapi kalau banyak-banyak bisa pingsan deh, soalnya rasa lemaknya terlalu kuat. Jadi kalau kebanyakan bikin enek. Lasagna paling enak kalau dimakan panas-panas pakai saus. :)

3. Pizza (Italia)

image was taken from here

Pizza... Hmmm, rasa pinggiran rotinya yang krispi and asin-asin gimana gitu bikin betah makannya (ups! satu loyang abis deh). Selain itu, pizza juga punya toping yang macem-macem. Yang paling aku suka sih yang topingnya daging sapi cincang dengan bumbu rempah yang spicy. Nggak ketinggalan juga keju Mozzarella nya yang meleleh, hmmmm bener-bener bikin nagih.

4. Gelato (Italia)

image was taken from here

Es krim!! Siapa sih yang nggak suka es krim. Selain rasanya yang lezat dan lembut di lidah, es krim juga bisa menjadi mood booster yang baik selain cokelat. Berbeda dengan es krim biasa, Gelato terbuat dari susu dan krim yang banyak. Kalau es krim biasa kan banyak airnya. Kalau yang ini dijamin lembut dan nggak gampang mencair (karena emulsi susu, gula, dan krim). Layaknya es krim, Gelato juga memiliki banyak rasa dan topping. Sangat cocok dinikmati saat cuaca panas. Sluurppp!!

5. Tom Yam (Thailand)

image was taken from here

Pertama-tama makan Tom Yam itu rasanya kayak kari campur sayur asem campur mie ramen. Rasanya komplit deh. Kalau aku sukanya Tom Yam seafood (aku penggemar udang dan cumi). Setiap kali makan Tom Yam, yang bikin ngiler adalah kuahnya yang kental dan berwarna merah. Rasanya penuh rempah-rempah. Yummy!

6. Mie Ramen (Jepang)

image was taken from here

Awalnya aku nyobain Mie Ramen karena baca komik Crayon Shincan sama Naruto. Kayaknya mereka suka banget sama Mie Ramen. Selain itu, aku juga penasaran sama porsinya yang jumbo (mangkoknya aja bisa buat tutup muka, wkwkwkk). Terus kata temenku Mie Ramen itu ada yang puedessss. Nah berhubung aku adalah penyuka kepedasan makanya aku cari. Ketemu langsung makan deh (tapi nggak habis seporsi,, over kenyang). Tapi kata temenku Mie Ramen yang aku cobain waktu itu rasanya sudah nggak khas Jepang lagi. Entahlah, aku juga nggak tahu. Yang jelas, pas aku makan Mie Ramen itu rasanya biasa aja sih, cuman bumbu kuahnya itu yang aku suka. Bumbu kuahnya kental dan berbumbu. Kalau mie nya malah kayak Mie S*dap. LOL!!

7. Kwetiau (Chinese Food)

image was taken from here

Kwetiau adalah hidangan mie yang bentuknya pipih dan besar. Kwetiau kuah (bentuknya hampir kayak mie ayam) paling enak menurutku. Rasanya nagih banget (apalagi warungnya Koko di depan kampusku Red.). Kwetiau kuah sedap banget kalau dimakan pakai pangsit basah. Trus makannya pakai sumpit ditambah sambal dan kecap (kok jadi Indonesia gini). Kalau Kwetiau goreng aku nggak begitu suka. Rasa-rasanya enak yang kuah karena nuansa Chinese food nya kental banget. Tapi denger-denger Kwetiau itu makanan Indonesia tapi memang yang buat dan bikin itu orang keturunan Tionghoa (Chinese). Bener nggak sih??

8. Siomay (Bandung, Indonesia)

image was taken from here

Dulunya aku ngira kalau Siomay itu asalnya dari negeri tirai bambu. Tapi ternyata Siomay asalnya dari Bandung, Indonesia. Memang sejarahnya siomay itu adaptasi dari Dimsum (makanan asli China). Terus yang bikin Siomay itu Indonesia banget adalah bumbu kacangnya. Sedangkan Dimsum tidak pakai bumbu kacang melainkan saus celup yang khas. Seminggu sekali aku pasti makan Siomay. Di Jogja ada 3 tempat jajan Siomay yang menurutku paling laziz. Yang pertama yang ada di samping kampusku (Gejayan), terus yang di deket bekas pasar Ngasem, dan satunya lagi di Jalan Kaliurang.

9. Pempek (Palembang, Indonesia)

image was taken from here

Nah ini nih makanan asam manis pedas dan gurih kriuk kriuk. Pempek menurutku sih termasuk camilan. Rasa kuah cukanya yang seger ditambah dengan potongan Pempek garing yang gurih dan ikannya terasa banget plus dikasih potongan acar mentimun. Aihhh!! Lemak nian. :)

10. Rendang (Padang, Indonesia)

image was taken from here

Rendang yang legit dan pedas penuh rempah, siapa yang tak suka? Pasti semua suka. Meskipun kadang daging rendang terkesan alot dan keras namun hal ini tak mengurangi kelezatan dari makanan ini sendiri. Kalau aku pastinya menikmati rendang dengan nasi putih, daun singkong rebus, terong balado, kuah sayur nangka muda, dan sambel ijo yang super maknyussss!!

Nah itu dulu yah sharing about makanan favorite ku season 1. Tunggu season-season berikutnya :)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
PitaPata - Personal picturePitaPata Cat tickers
PitaPata - Personal picturePitaPata Cat tickers
Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net