Wednesday, August 29, 2012

English Fun Games for Junior High Students

Ketika menyanggupi tawaran untuk mengajar ekskul bahasa Inggris (ECC: English Conversation Class) di sebuah SMP swasta, aku mau nggak mau harus punya strategi belajar yang bisa menarik perhatian murid2 dan nggak boring. Awalnya sih aku masih bingung mau ngajarin apa dan bagaimana. Tapi, kemudian salah satu bagian dari otakku berkata, "Isi aja dengan games, tapi games nya juga untuk belajar speaking dan vocabulary." Wah ide yang bagus tuh! Sesuai dengan goals yang akan dicapai dari kelas ECC. Lalu akupun berkutat dengan laptop dan internet, mencoba mencari games-games seru yang edukatif dan bukan sekedar menjadi media ice breaking saja. Ternyata, tak banyak website/blog yang menyediakan games-games berbahasa Inggris untuk aktivitas di kelas. Nemunya malah games bahasa Inggris untuk PC/Laptop. Akhirnya, daripada membuang-buang waktu, akupun mulai merangkai ingatan akan games yang dulu pernah aku lakukan di kelas waktu masih sekolah dulu. Salah satunya ada di list bawah ini.

1. Name Chains (Self Introduction)
Peserta            : unlimited
Lokasi             : indoor/outdoor
Aturan main     : Guru menyuruh siswa membentuk sebuah lingkaran berjarak. Setelah itu, guru memulai mencontohkan pada siswa cara main game ini. Siswa pertama yang mendapat giliran harus menyebutkan namanya (nama panggilan saja). Lalu dilanjutkan oleh siswa kedua namun sebelum siswa kedua memperkenalkan diri, terlebih dulu dia harus menyebtkan/menyapa siswa pertama sesuai namanya.
Contoh            :
           Ani       : My name is Ani
           Bintang : Hi Ani, my name is Bintang
           Theo    : Hi Ani, Hi Bintang,
                         my name is Theo
Siswa diwajibkan untuk mengucapkan namanya dengan lantang sedangkan siswa lain harus mendengarkan dengan seksama. Setelah giliran habis, guru dapat memulainya sekali lagi dengan menunjuk urutan siswa.


continued.... (sorry, I'm too sleepy to write)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
PitaPata - Personal picturePitaPata Cat tickers
PitaPata - Personal picturePitaPata Cat tickers
Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net