Wednesday, April 22, 2015

Bekerja = Mengembangkan Diri

Banyak pelajaran yang bisa dipetik dari "Bekerja". Bekerja bukan hanya melulu menggeluti pekerjaan tapi Bekerja juga bisa dijadikan sarana untuk belajar dan mengembangkan diri. Melakukan pekerjaan sehari-hari, bahkan yang monoton, bukannya tidak mungkin untuk membuka kemungkinan bagi kita untuk kembali belajar. Belajar memperbaiki diri, memperbaiki kesalahan, dan masih banyak lagi.

Berbicara mengenai "Bekerja", saat ini aku bekerja di sebuah institusi pendidikan tinggi negeri di kota Gudeg. Kantor tempatku bekerja adalah Kantor Urusan Internasional. Bekerja di Kantor Urusan Internasional adalah hal yang benar-benar baru bagiku. Aku sama sekali tidak memiliki pengalaman bekerja di bidang yang sama sebelumnya. Namun, bagiku, keluar dari zona nyaman dan menerima tantangan untuk bekerja di bidang yang baru adalah sebuah kesempatan emas untuk mengembangkan diri.

Bekerja di Kantor Urusan Internasional melatihku untuk kembali mengasah kemampuan korespondensi dan diplomasi dalam bahasa Inggris. Selain itu, aku juga harus menguasai hospitality untuk tamu asing. Meskipun dulu sewaktu kuliah aku pernah mengambil mata kuliah yang terkait dengan Cross Cultural Understanding dan Service Program Design, tapi nyatanya teori perkuliahan hanya terpakai sekian persen untuk mendukung pekerjaanku yang berhubungan dengan tamu asing. Mau tak mau aku harus memasang strategi learning by doing dan trial and error. Memang terkesan riskan sih, tapi ya mau bagaimana lagi, kalau tidak mau belajar pasti aku tidak akan berkembang.

Dari pekerjaanku inilah aku memetik berbagai pelajaran hidup *ceileehh*. Aku belajar manajerial; bagaimana me-manage pekerjaan-pekerjaan yang datang silih berganti bahkan kadang menumpuk satu sama lain, bagaimana memilah pekerjaan berdasarkan skala prioritas dan urgensi. Aku juga belajar self-management; bagaimana me-manage diri sendiri, me-manage emosi (harus punya stok kesabaran ekstra *hihihi*), me-manage waktu, dan sebagainya. Selain itu, dari pekerjaanku aku belajar bagaimana menjalin kerjasama yang baik dan how to deal with many things and many people. Tak hanya itu, aku juga belajar bagaimana untuk membuat tindakan preventif dan respon positif terhadap sesuatu hal yang sebenarnya tidak diharapkan untuk terjadi namun ada kemungkinan untuk terjadi.

I love my current job. Aku mencintai pekerjaan yang sedang aku lakukan. Bekerja di Kantor Urusan Internasional adalah salah satu cita-cita kecilku. Cita-cita yang lain adalah Bekerja di Kantor Imigrasi maupun Kantor Kedutaan. Kenapa demikian? It's because I love working with foreigners. I love working with many people from overseas.


At my desk
Refleksi sehabis menjalani hari dan jam-jam yang super hectic selama 2 bulan terakhir ini.

~xoxo~

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
PitaPata - Personal picturePitaPata Cat tickers
PitaPata - Personal picturePitaPata Cat tickers
Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net