Wednesday, February 20, 2013

Happy Toast

Beberapa hari yang lalu aku menonton film drama Korea yang berjudul "Miracle of Giving Fool" atau "Ba:Bo". Awalnya aku kira isi cerita dari film tersebut adalah tentang masak memasak karena dari cover filmnya sendiri hampir bisa dibilang bertema masak memasak. Ternyata, ceritanya bukan tentang itu. Ceritanya lebih ke pengorbanan seorang "bodoh" yang sangat tulus dan mulia. Ceritanya sih lucu, sedih, tapi unik. Nah, dari nonton film drama itu aku jadi terinspirasi dari pekerjaan si "bodoh" yaitu membuat dan menjual toast atau sandwich bakar. Orang-orang menamainya "Toast of Fool" atau "Roti Bakar si Bodoh". Dilihat dari bentuknya, sangat-sangat sederhana khas makanan kaki lima. Isinya juga sangat sederhana yaitu telur dadar, irisan kol, saus sambal, dan merica. Jadi aku putuskan untuk membuatnya juga. Bahan-bahannya aku pilih sendiri. Aku namakan makanan itu "Happy Toast".

Bahan:
- Setangkup roti tawar sandwich
- Telur ayam 1 butir
- Kol 1 lembar
- Tomat 2 iris
- Keju (aku pakai keju Kraft Quick Melt ~semacam keju mozzarella ala Kraft)
- Sosis 1 batang
- Mentimun 2 iris

Bumbu:
- Merica bubuk
- Saus sambal
- Margarine
- Bawang putih
- Mayonaise (jika suka)
- Garam

Cara pembuatan:
1. Kocok telur ayam bersama irisan bawang putih dan garam.
2. Panaskan margarine/minyak goreng kemudian goreng telur dadar tersebut hingga matang. Lebih bagus kalau punya cetakan telur agar bentuknya lebih rapi dan padat.
3. Iris sosis sesuai selera kemudian goreng sebentar dengan margarine/minyak goreng. Tiriskan.
4. Gulung 1 lembar daun kol kemudian iris tipis-tipis.
5. Olesi setangkup roti tawar sandwich dengan margarine. Kemudian isi tangkupan roti dengan irisan keju cepat leleh (Quick Melt) dan panaskan sebentar di atas wajan hingga sedikit kering dan kecoklatan.
5. Buka tangkupan roti yang berisi keju cepat leleh kemudian susun bahan-bahan lainnya (telur dadar, sosis, irisan daun kol, irisan tomat, irisan mentimun) di dalamnya.
6. Tambahkan saus sambal, mayonaise, dan taburi dengan sedikit merica bubuk.
7. Tangkupan kembali roti tawar tersebut dan press dengan alas piring atau alat cetak sandwich. Bisa juga dipanaskan kembali dengan wajan roti bakar yang bisa dibolak-balik.
8. Happy toast siap dihidangkan!!


NB: Happy Toast sangat cocok untuk sarapan dengan ditemani secangkir susu hangat. Kandungan lemak dan kalori dalam Happy Toast cukup tinggi jadi ada baiknya tidak dikonsumsi terlalu sering (cukup sehari sekali saja). Kandungan energi yang tinggi dalam setangkup Happy Toast dapat menambah tenaga untuk aktivitas sehari-hari.



Selamat Mencoba
~Hug & Kiss~
xoxoxo

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
PitaPata - Personal picturePitaPata Cat tickers
PitaPata - Personal picturePitaPata Cat tickers
Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net