Tuesday, January 22, 2013

Tips Jaga Berat Badan Untuk Yang Gampang Gemuk

Hey everyone, (very) long time no see!!
Malam ini kebetulan nih, lagi dapet inspirasi dan waktu luang buat sekedar nulis di blog. Jadi ceritanya di post yang satu ini, aku mau nulis beberapa tips tentang menjaga berat badan khususnya buat pembaca semua yang mudah sekali gemuk.

Kegemukan atau memiliki badan gemuk memang tidak berpotensi untuk dimiliki setiap orang. Buat yang bertubuh berisi (seperti aku), pasti pernah dong ya merasa iri sama orang yang makannya banyak tapi kok kayaknya bentuk badannya segitu aja. Yap! Menurut beberapa artikel kesehatan yang pernah aku baca, karakter tubuh tiap orang itu berbeda-beda. Ada yang dari sejarah genetiknya memang dia memiliki potensi untuk menjadi gemuk, ada juga yang tidak. Mau gemuk atau tidak kan yang penting sehat, setuju saudara-saudara!! *Ngomong pake TOA*


Nah, buat kalian yang tergolong pada orang yang mudah sekali bertambah berat badannya walaupun sudah mengurangi porsi makan dan berolahraga, ada beberapa tips yang mungkin bisa kalian aplikasikan (tips ini juga sedang aku coba selama sebulan terakhir ini, dan sedikit demi sedikit ada hasilnya)

1. Perhatikan Jam Makan
Karena kita (termasuk aku juga kok) mudah sekali bertambah berat badannya, jadi hal terpenting yang wajib diperhatikan adalah jam makan. Buatlah jadwal makan secara teratur. Jam makan yang tidak teratur akan semakin membuat berat badan kita cepat bertambah meskipun porsi makan sudah dikurangi. Sesuai pengalaman, jam makan yang baik itu, pagi (sarapan) sebelum jam 8 pagi, makan siang pada jam makan siang reguler (jangan terlalu pagi dan jangan terlalu sore), makan malam sebelum jam 6 sore. Terus kalau lapar di sela-sela jam makan gimana? Caranya adalah mengkonsumsi buah-buahan atau mengemil snack rendah kalori.

2. Perhatikan Jenis Makanan
Menjadi orang yang mudah gemuk bukan berarti kita harus menghindari makan-makanan berlemak. Makan makanan berlemak boleh-boleh saja, tapi harus tahu aturan. Kita bisa kok buat jadwal makanan apa saja yang akan dan harus kita makan. Tujuannya agar asupan gizi kita tetap seimbang. Misalnya hari Senin makan pagi: nasi, sayur opor, kerupuk; makan siang: steak ayam; makan malam: nasi, tumis kangkung, sambal, kerupuk. Nah, kalau begitu, kita bisa mengontrol apa saja yang kita makan. Jangan lupa hindari fast food, makanan manis, dan gorengan. Ketiga makanan tersebut dapat memicu bertambahnya lapisan lemak di bawah kulit.

3. Diet Eliminasi
Mungkin bagi sebagian orang metode diet ini bukanlah metode baru. Ya, jika sebelumnya yang populer adalah diet substitusi atau diet dengan cara mengganti makanan tertentu dengan makanan lain, kini diet eliminasilah yang populer karena terkesan lebih tegas. Diet eliminasi dilakukan dengan menghilangkan sekaligus suatu makanan atau menu dalam santapan sehari-hari. Aku juga sedang menerapkan diet eliminasi, aku pantang makan daging ayam, sapi, dan daging hewan laut bercangkang. Jadi selama 1 bulan terakhir ini, aku sama sekali tidak mengkonsumsi makanan tersebut. Selain itu, aku juga mengeliminasi nasi dalam menu makan pagi dan malam. Aku makan nasi hanya di siang hari saja. Jadi di pagi hari aku makan roti dan sereal gandum, lalu siang hari baru makan nasi dan lauk, kemudian sore hari aku makan sayuran rebus. Selain menu makanan, kamu juga bisa diet eliminasi garam atau gula.

4. Perbanyak Konsumsi Serat
Buah dan sayur adalah makanan yang sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh orang yang cenderung mudah gemuk. Namun, selain jenis buah dan sayur yang dikonsumsi, kamu juga wajib memperhatikan cara mengolahnya. Aku sarankan untuk cenderung mengkonsumsi buah yang tidak diolah, dan sayur-sayuran yang direbus atau sayuran mentah seperti salad. Akan tetapi, salad biasanya dibumbui dengan saus mayonaise sedangkan mayonaise sendiri mengandung lemak yang tinggi. Kamu bisa menggantinya dengan saus kacang atau merebus sayuran dengan sedikit garam sebagai penambah rasa.

5. Jaga Mata (Awas Lapar Mata!!)
Hal yang tak kalah penting dalam menjaga berat dan bentuk badan adalah menjaga mata. Ya, biasanya orang lebih cenderung lapar mata dibandingkan dengan lapar perut. Lapar mata membuat orang cenderung makan dalam intensitas dan kapasitas yang tidak normal. Jaga mata kamu dari makanan-makanan yang menggiurkan sebelum waktunya makan.

Nah, begitulah tips yang dapat aku sharingkan di post ini. Kalau kamu ada tips/cara lain untuk menjaga berat dan bentuk badan, bisa share di komen ya!!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
PitaPata - Personal picturePitaPata Cat tickers
PitaPata - Personal picturePitaPata Cat tickers
Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net