Tuesday, August 11, 2015

Business Trip : New Experiences of Working with Japanese Colleagues

Hi readers!!

It's been quite long time I haven't posted anything on my blog. Basically, I was passing through the similar activities day by day. It was monotonous. Until one day, I experienced new thing.


Tanggal 3 - 8 Agustus kemarin aku ditunjuk sebagai salah satu perwakilan institusi tempatku bekerja untuk mengikuti rapat internasional dengan partner institusi dari Jepang di Malaysia. Rapat ini dimaksudkan sebagai persiapan untuk mengadakan sebuah event berskala internasional yang mana institusi tempatku bekerja menjadi tuan rumahnya. Event ini melibatkan panitia dari 2 negara, yakni Indonesia dan Jepang (baik dosen, staff, maupun mahasiswa). Meskipun event ini baru akan dilaksanakan tahun 2016, tapi kami sudah harus melakukan persiapan sejak bulan Mei kemarin.


Agenda kami selama di Malaysia, tepatnya di UiTM Shah Alam, Selangor, Malaysia, sangatlah padat. Hampir setiap hari dari pagi hingga petang, kami harus mengikuti rapat. Selain rapat, kami juga memantau event yang sama yang tengah berlangsung dimana UiTM sebagai universitas tuan rumahnya. Banyak hal yang dapat kami tarik sebagai pelajaran berharga guna mensukseskan event besar kami tahun depan.

Ini bukanlah rapat internasional pertama yang aku ikuti, tapi jujur, mengikuti rapat berturut-turut selama beberapa hari dengan pihak asing adalah hal yang baru. Aku mau tidak mau harus mengikuti ritme mereka yang menjadi perwakilan institusi masing-masing dari Jepang. Hmm, menurutku, memang ritme bekerja orang Indonesia dengan orang Jepang cukup berbeda, khususnya orang Jawa.

Yang aku ketahui dari kegiatan di Malaysia, orang Jepang adalah orang yang gigih dan penuh semangat. They are not procrastinator like we are. Mereka sangat tepat waktu, apalagi jika sudah terkait dengan jadwal atau appointment. Bahkan, jika rapat di hari itu belum menemukan suatu kesepakatan, maka bagaimanapun caranya mereka akan membuat rapat lanjutan, bahkan hingga larut malam. Dan hal ini aku alami di hari terakhir rapat disana.

Ketika aku sedang bersantai di kamar hotel setelah mengikuti tour yang sangat melelahkan karena aku salah kostum (baca: memakai high heels) yang mana tidak masuk dalam agenda hari itu, tiba-tiba ada telpon dari atasanku jika malam itu pihak Jepang mengundang rapat lagi. Wow! It was surprising! Jam sudah menunjukkan pukul 7.30pm dan mereka mengundang untuk rapat. Pfff! Rasanya pengen nangis karena lelah, tapi karena rapatnya akan dilaksanakan di salah satu cafe/resto di sekitar hotel saja, maka aku jadi semangat lagi.

Perjalanan bisnis minggu lalu memang sangat mengesankan. Banyak hal yang bisa aku ambil sebagai pelajaran dan pengalaman yang berharga, terutama mengenai cross culture.

You see, business trip is somehow exhausting because we have to deal with tight agenda. However, it may pour you with abundant experiences and life lessons.


~xoxo~


1 comment:

  1. Snow Peak Titanium Flask - Tioga Engineering & Engineering - Titioga
    This Flask has titanium cost a handle stilletto titanium hammer handle with knurled or plated knurled, making it titanium trimmer as seen on tv ideal for a ski/exploiting ski experience. We also offer a ski titanium cookware pole with a $8.99 ford escape titanium · ‎Out of stock

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
PitaPata - Personal picturePitaPata Cat tickers
PitaPata - Personal picturePitaPata Cat tickers
Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net